Apa yang Dimakan Bayi Cockatiel & Bagaimana Memberi Mereka Makan? (Diet)

Burung cockatiel bayi tidak mampu memakan semua makanan yang dapat dengan mudah dimakan oleh burung cockatiel dewasa. Jadi, penting untuk mengetahui perilaku makan, makanan, dan apa yang dimakan bayi cockatiel?

Bayi cockatiel bisa makan susu formula bayi burung. Juga, Anda bisa memberi mereka makanan anjing yang dibasahi dengan beberapa makanan lain seperti hati mentah sebagai sumber protein yang bagus. Mari selami detail dan pengetahuan cara memberi makan bayi cockatiel dengan makanan favorit mereka.

Apa yang Dimakan Bayi Cockatiel & Bagaimana Memberi Mereka Makan? (Diet)



Apa yang Memberi Makan Bayi Cockatiel?

Memberi makan bayi cockatiel adalah bagian yang sangat penting dalam merawat mereka. Ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk makanan.

Ketika Anda menemukan bayi cockatiel yang jatuh dari sarangnya, dan Anda berpikir untuk memberi makan bayi burung yang jatuh dari sarangnya, Anda harus memberi makan bayi cockatiel dengan makanan anjing yang dibasahi, makanan kucing, hati mentah, telur rebus, dll. pertumbuhan bayi cockatiel, Anda dapat mencoba memberi mereka makan serangga, biji-bijian, dan buah-buahan.

Bagaimana Cara Membuat Makanan Bayi Cockatiel?

Sebelum membuat makanan bayi cockatiel, pastikan semua peralatan masak sudah disterilkan dan dibersihkan dengan baik. Untuk tujuan ini, gunakan air matang. Ini akan membantu menghilangkan bakteri berbahaya dari peralatan makan.

Sangat penting untuk mencuci buah, sayuran, dan peralatan dengan benar karena sistem kekebalan bayi cockatiel sangat halus. Bakteri berbahaya bisa sangat berbahaya bagi mereka.

Setelah mencuci peralatan masak, saatnya memasak makanan untuk bayi burung cockatiel Anda. Untuk ini, ambil mangkuk kecil dan tambahkan 2/3 cangkir sereal (makanan bayi burung) ke dalamnya. Tidak perlu menggunakan rasa tertentu; Anda dapat menggunakan salah satu dari mereka karena mereka penuh dengan protein.

Apa yang Dimakan Cockatiel? (Tips Makanan & Makanan Terbaik)

Setelah itu, tambahkan satu sendok teh selai kacang dan satu sendok teh saus apel ke dalam mangkuk itu. Akan lebih baik untuk menggunakan barang-barang dari merek yang bagus dan membelinya dari toko yang bagus.

Sekarang saatnya menambahkan plain (1 tutup penuh). Semua bahan ditambahkan dan sekarang campur dengan bantuan sendok.

Untuk mendapatkan makanan dengan konsistensi yang tepat, tambahkan air mendidih ke dalamnya. Untuk cockatiel bayi Anda, campuran yang disiapkan harus sangat encer dan encer agar mereka dapat memakannya dengan mudah.

Apa yang Anda Beri Makan Cockatiel yang Baru Lahir?

Anda dapat memberi makan makanan anjing yang dibasahi, makanan kucing, telur rebus, dan hati mentah untuk bayi cockatiel yang baru lahir. Makanan ini akan menambah nilai pertumbuhan bayi burung cockatiel yang baru lahir.

Bisakah Bayi Cockatiel Makan Buah?


Bayi cockatiel bisa makan buah, dan mereka suka makan hampir semua jenis buah. Buah-buahan yang bisa dimakan bayi cockatiel adalah sebagai berikut.

Buah tersedia hampir sepanjang tahun.

  • Bluberi
  • Ceri
  • apel
  • pisang


Buah musiman

  • Nectarine
  • Persik
  • Aprikot
  • Pir
  • Stroberi
  • Oranye
  • Anggur

Buah tropis

  • Mangga
  • Pepaya
  • jambu biji
  • Buah kiwi
  • melon
  • Blewah
  • Semangka
  • Buah sitrus
  • Jeruk
  • Jeruk bali


Buah-buahan ini kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan bayi burung cockatiel. Seiring dengan buah-buahan segar ini, Anda juga dapat memberi makan buah-buahan kering kepada bayi cockatiel Anda yang meliputi.

  • kismis
  • Cranberry
  • Plum

Kotoran bayi cockatiel berubah menjadi merah tua dan terlihat seperti darah setelah makan buah ceri, tetapi tidak berbahaya. Selain ceri, bayi cockatiel juga bisa makan pisang.

Mereka tidak bisa memakan seluruh kulitnya dalam satu gigitan. Itulah sebabnya kulit pisang dipotong kecil-kecil agar mudah dimakan. Kulit pisang ini tidak berbahaya bagi bayi cockatiel Anda, jadi jangan khawatir saat memberinya makan.

Pastikan buah-buahan ini bebas dari segala jenis bahan kimia berbahaya. Selain buah-buahan, beri makan bayi Anda cockatiel hal-hal lain juga, seperti beberapa makanan ringan dan sayuran.

Namun, sebelum memberikan sesuatu kepada bayi burung cockatiel Anda, cucilah dengan benar, potong menjadi potongan-potongan yang sangat kecil, lalu buang semua biji yang berukuran besar dan tidak baik untuk bayi Anda.

Biji buah juga mengandung sianida di dalamnya, yang tidak baik untuk kesehatan bayi cockatiel Anda. Itu sebabnya hindari memberikan biji buah pada bayi burung cockatiel Anda.

Bisakah Bayi Cockatiel Makan Biji?

Ya, bayi cockatiel bisa makan biji-bijian. Anda diperbolehkan untuk menyajikan benih kepada bayi cockatiel Anda. Tetapi karena mereka masih sangat muda, Anda bisa memberi mereka makan biji millet yang dibasahi di awal.

Anda juga bisa memberi mereka sayuran dan kacang polong jagung bersama dengan biji-bijian ini, tetapi pastikan mereka direbus dengan baik. Jangan pernah mencari biji buah, karena banyak di antaranya beracun bagi bayi cockatiel Anda.

Karena bayi cockatiel sangat kecil, mereka kadang-kadang bermain dengan makanannya, tetapi itu benar-benar normal. Anda juga dapat memberi mereka beberapa jenis biji-bijian lain seperti bunga matahari, potongan rami, biji-bijian, dll.

Biji dianggap sebagai makanan yang sangat baik untuk bayi cockatiel. Seperti halnya buah-buahan, benih juga harus bebas dari bahan kimia berbahaya, jamur, pestisida, dan zat lainnya.

Sebelum menyajikan biji untuk bayi cockatiel Anda, cuci bersih dengan air hangat lalu keringkan.

Kapan Bayi Cockatiel Bisa Makan Biji?

Bayi cockatiel bisa makan biji-bijian pada usia empat minggu, tetapi Anda harus memberinya makan dengan tangan. Pada usia ini, mereka dapat diperkenalkan dengan kacang polong jagung yang dicairkan dan biji millet yang dibasahi.

Bisakah Bayi Cockatiel Makan Serangga?

Ya, bayi cockatiel bisa memakan serangga. Bayi cockatiel yang hidup di alam liar hampir bergantung pada serangga. Mereka bisa mendapatkan kalsium, vitamin, dan protein dengan memakan serangga. Serangga yang bisa mereka makan termasuk serangga dan ulat.

 

Bagaimana Cara Memberi Makan Bayi Cockatiel?

Induk cockatiel memberi makan cockatiel bayi mereka siang dan malam selama beberapa hari (setidaknya selama tujuh hari pertama). Berbagai makanan disajikan kepada bayi cockatiel berkali-kali dalam sehari, tetapi jumlahnya sangat sedikit.

Jika Anda melihat induk cockatiel tidak merawat bayi cockatielnya, Anda harus merawatnya.


Tetapi, karena bayi cockatiel sangat lembut, cobalah yang terbaik untuk meninggalkan mereka dengan cockatiel induk karena mereka dapat memberi mereka makan dengan baik dan merawatnya dengan baik.

Tetapi jika itu tidak memungkinkan, maka Anda harus memberi makan bayi burung cockatiel ini. Salah satu cara yang populer adalah memberi makan bayi burung cockatiel dengan tangan.

Metode pemberian makan dengan tangan menggunakan jarum suntik adalah salah satu metode populer yang dapat Anda gunakan untuk memberi makan bayi burung cockatiel.


Anda harus mencampur probiotik dan Pedialyte sebagai dua makanan pertama untuk cockatiel bayi Anda.

Setelah ini, Anda dapat menggunakan makanan bayi cockatiel untuk memberi mereka makan. Jangan pernah menggunakan microwave untuk memberikan panas yang disebutkan pada makanan bayi cockatiel karena microwave dapat membakar makanan mereka.

Apakah Anda Perlu Memberi Makan Bayi Cockatiel dengan Tangan?

Induk cockatiel yang menolak memberi makan anak cockatielnya seringkali kurang berpengalaman dalam merawatnya. Jadi, dalam situasi ini, Anda harus merawat dan memberi makan bayi cockatiel dengan tangan karena mereka adalah seseorang pada waktu itu.

Jika ada sepasang induk cockatiel yang lain, maka kemungkinan besar mereka akan menerima bayi cockatiel yang ditolak tersebut. Tetapi jika tidak ada yang membantu, Anda harus memberi mereka makan.

Bagaimana Cara Memberi Makan Bayi Cockatiel dengan Tangan?

Untuk bayi cockatiel yang diberi makan dengan tangan, keluarkan dari sarangnya dan ambil bayi cockatiel dengan tangan Anda yang menangkup. Dukungan harus memadai untuk datang dalam posisi makan apa saja.

Anda dapat menggunakan pipet dan jarum suntik untuk memberi makan bayi cockatiel. Sajikan berkali-kali sehari dalam porsi kecil.

Terlalu banyak mengisi mulut bayi cockatiel dapat menyebabkan kematian. Setelah memberi mereka makan, singkirkan sisa bahan makanan dengan bantuan air hangat dari paruh mereka atau area lainnya.

Seberapa Sering Bayi Cockatiel Makan (Jadwal Makan)?

Anda harus memberi makan bayi cockatiel berusia satu minggu setiap dua jam dari hari pertama hingga hari keempat di minggu pertama, dan dalam tiga hari terakhir (hari kelima, enam, dan tujuh), makanan harus diberikan setelah setiap tiga jam.

 
Usia Bayi Cockatiel (dalam Hari) Pemberian Makan Per Hari
0 - 7 7 - 9 kali
8 - 15 5 - 6 kali
15 - 24 3 - 4 kali

 Ketika minggu kedua dimulai, burung koktail harus diberi makan setelah setiap 4 jam. Anda akan melihat perubahan dan pertumbuhan yang signifikan pada tubuh dan ukuran bayi pada minggu ketiga.

Cockatiel akan mulai mengembangkan minat pada benih dan semprotan millet sekitar minggu ke-4. Saat bayi mencapai minggu kelima, mereka hanya perlu diberi makan tiga kali sehari, dan pada minggu keenam, hanya dua kali makan yang cukup sepanjang hari.

Selama waktu dari 7 hingga 8 minggu, hanya makan malam hari yang diperlukan. Setelah waktu ini berlalu, Anda harus memberi makan cockatiel dua kali sehari sampai mereka mulai makan sendiri.

Pastikan makanan yang Anda berikan memiliki campuran millet, campuran biji-bijian, atau makanan pelet berkualitas tinggi dalam jumlah yang seimbang.

Berapa Banyak yang Harus Dimakan Bayi Cockatiel?

Bayi cockatiel harus disajikan berkali-kali dalam sehari sesuai dengan usianya. Jumlah maksimum yang dapat Anda berikan kepada bayi cockatiel adalah hampir sepuluh persen dari berat badannya.

Misalnya, jika burung Anda memiliki berat 500 gram, makanan yang Anda sajikan harus 50 ml. Seekor bayi cockatiel dengan berat 500 gram harus diberi makan tiga kali sehari. Pakan ini untuk bayi cockatiel usia lima minggu.

Makanan yang disajikan kepada bayi cockatiel harus dalam porsi kecil dan dicincang dan diparut dengan sangat baik.

Tetapi sebelum menyajikan apa pun, beri makan bayi Anda cockatiel dalam jumlah yang sangat kecil dari makanan partikel itu dan lihat apakah mereka menyukainya atau tidak. Ganti makanan jika bayi cockatiel tidak menyukainya, jangan pernah memberi mereka makan dengan paksa.

Berapa Lama Anda Memberi Makan Bayi Cockatiel?


Anda harus memberi makan bayi cockatiel selama hampir lima minggu setelah hari mereka lahir. Setelah itu, waktu penyapihan dimulai. Beberapa bayi cockatiel mulai makan sendiri setelah usia sepuluh minggu, dan beberapa membutuhkan lebih banyak waktu, seperti sekitar usia dua belas hingga tiga belas minggu.

Apakah Bayi Cockatiel Minum Air?

Ya, seperti burung lainnya, bayi cockatiel juga minum air. Tetapi jumlah asupan air bervariasi dari burung ke burung. Koktail bayi sangat kecil dan muda. Sehingga mereka tidak bisa minum air putih dalam jumlah banyak.

Asupan air harian mereka hampir satu sendok teh, tidak lebih dari itu. Bayi cockatiel tidak memiliki kelenjar keringat; itulah sebabnya mereka tidak membutuhkan lebih banyak air untuk diminum.

Semakin banyak kelenjar keringat yang dimiliki burung, semakin banyak pula asupan air yang dilakukan olehnya. Air yang diminum bayi cockatiel dikeluarkan dari tubuhnya melalui ekskresi.

Kesimpulan

Memberi makan burung cockatiel bayi sedikit berbeda dengan memberi makan burung cockatiel dewasa. Ini membutuhkan perawatan yang tepat dan memilih makanan yang tepat untuk bayi cockatiel. Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah apa yang dimakan bayi cockatiel dan cara memberi makan mereka.

Disarankan agar Anda mendapatkan bantuan dari peternak yang berpengalaman. Disarankan juga bahwa Anda harus meninggalkan bayi dengan orang tua mereka setidaknya selama 2 atau 3 minggu pertama sehingga mereka cukup besar untuk ditangani dengan mudah.

0 Response to "Apa yang Dimakan Bayi Cockatiel & Bagaimana Memberi Mereka Makan? (Diet)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel