Cara Membedakan Anis Kembang Tasik, Sumbawa, dan Kalimantan

Cara Membedakan Anis Kembang Tasik, Sumbawa, dan Kalimantan, Daerah Indonesia itu sangatlah luas, dengan keragaman habitat serta ketersediaan pakan atau makanan yang berbeda, tidak pelak menimbulkan perbandingan performa anis kembang( Zoothera interpres) secara raga serta kepribadian. Perihal ini butuh dikenal, supaya kicaumania tidak meratapi diri sendiri, kenapa dengan perawatan ataupun perlakuan yang sama, anis kembang( AK) kesayangannya di rumah kalah gacor dari AK kepunyaan orang sebelah sebelah.

habitat anis kembang
Jenis-jenis burung anis kembang

Dalam postingan sebelumnya( silakan cek di sini), telah disinggung sekilas mengenai daerah penyebaran AK di bermacam wilayah di Indonesia. Postingan ini dapat jadi aksesoris, sebab disertai dengan deskripsi serta foto dari tiap- tiap tipe anis kembang yang terdapat di wilayah tertentu yaitu Cara Membedakan Anis Kembang Tasik, Sumbawa, dan Kalimantan.

Anis kembang yang kerap Kamu amati di pasar burung biasanya berasal dari 3 wilayah, yakni Jawa Barat( paling utama Tasik), Sumbawa, serta Kalimantan. Masing- masing mempunyai karakteristik raga( paling utama warna bulu) yang berbeda, walaupun tidak terdapat perbandingan signifikan antara suara, volume, mental, serta style tarung mereka. Berikut ini deskripsi serta foto anis kembang bersumber pada wilayah asalnya.

1. Anis kembang Tasik( Jawa Barat)

burung anis kembang tasik
Burung anis kembang Tasik

Anis kembang dari Jawa Barat, khususnya Tasik dapat dilihat dari corak trotol pada bagian dadanya yang tidak ngeblok( beraturan/ bercorak). Ada pula bulu- bulu pada sayapnya terputus- putus semacam sisir. Silakan pelototi gambar di bawah, buat mendapatkan pemahaman awal yang lebih jelas.

Dibanding dengan anis kembang dari wilayah lain, AK Tasik biasanya memiliki bentuk badan badan lebih kecil. Kedua kakinya pula lebih pendek dari AK wilayah lain. Namun soal suara, AK Tasik diyakini mempunyai mutu terbaik. Bila dicas dengan burung betina, anis kembang jantan dari wilayah ini lebih gampang ngerol.

2. Anis kembang Sumbawa

burung anis kembang sumbawa
Burung anis kembang Sumbawa

Corak trotol di bagian dada tampak ngeblok serta cenderung tidak beraturan. Bulu putih pada sayap tertata apik membentuk bulatan- bulatan semacam mega( pada gambar di bawah, silakan cermati bagian pangkal sayapnya yang bercorak putih). Bodi AK Sumbawa pula lebih bongsor.

Soal suara? Walaupun suaranya ngulem/ ngebas, jenis AK Sumbawa agak sulit ngerol. Umumnya cuma ngeplong- ngeplong. Dalam sebagian permasalahan, AK Sumbawa yang dalam keadaan betul- betul segar, ataupun pada saat birahi, lebih gampang ngerol. Terlebih bila Kamu mengecasnya dengan burung betina yang siap kawin.

3. Anis kembang Kalimantan

Burung anis kembang Kalimantan
Burung anis kembang Kalimantan

Corak trotol di bagian dadanya nampak ngeblok serta cenderung tidak beraturan. Ada corak bulu kuning kecokelatan yang berbaur dengan corak trotol gelap pada bulu dada sampai sisi kiri- kanan di dasar bulu sayap, semacam halnya AK dikala masih remaja.

Ada pula corak putih pada pangkal sayapnya pula membentuk mega, yang terputus- putus oleh bulu gelap di bagian bawahnya. Bodi relatif lebih kecil serta ramping dibanding dengan AK Sumbawa. AK Kalimantan sering dituturkan pula sebagai AK Borneo, yang serta ditemukan pada sebagian daerah administratif Malaysia di Kalimantan Utara.

Bagi sebagian pemain yang sering menjajaki lomba kelas anis kembang di Kalimantan, AK tipe ini lebih gampang ngerol. Kelemahannya, energi tahannya relatif tidak sebaik AK Sumbawa serta AK Tasik. Jenis suaranya mengkristal, namun volumenya tidak sangat keras.

Sesungguhnya masih banyak tipe anis kembang tidak hanya dari ketiga wilayah yang telah disebutkan di atas, misalnya dari Sumatera. Dahulu juga sempat popular anis kembang dari kawasan Gunung Muria ( Kudus, Pati, Jepara), serta diketahui dengan istilah AK Muria.

Perlu diingat, jangan sampai Kalian terjebak dengan pemikiran kalau anis kembang dari wilayah A ataupun B sebagai yang terbaik. Yang terbaik merupakan gimana melaksanakan perawatan dengan sebaik- baiknya, serta senantiasa melindungi kesehatannya lewat pemberian pakan bermutu, multivitamin serta multimineral.

Kepribadian burung dapat dibedakan jadi karakter bersumber pada wilayah asalnya, serta kepribadian burung secara individu. Karakter burung bersumber pada wilayah asal rata- rata cuma mempengaruhi 30% dari performa burung secara totalitas. Selainnya bergantung perawatan, tercantum pemberian pakan yang pas serta bermutu.

lengkapnya silakan simak video berikut :



Demikian artikel yang berjudul  Cara Membedakan Anis Kembang Tasik, Sumbawa, dan Kalimantan semoga bisa menambah pengetahuan anda tentang burung kesayangan. Akhir kata wassalam..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel